Rumah Singgah “Berkarakter” Kota Banjarbaru beralamat di Jl. Ketumbar Kel. Komet (eks Rumah Sakit Kota Banjarbaru) baru diresmikan tanggal 18 April 2018, yang merupakan rangkaian Hari Jadi Kota Banjarbaru. Kendati baru diresmikan tanggal tersebut, namun selama Tahun 2018 ini Rumah Singgah Berkaraketer ini telah menampung lebih dari 20 orang yang memerlukan penampungan sementara, mulai dari Tuna Wisma sampai menyalahgunaan NAPZA. Dimana mereka di tampung hanya sementara sembari menunggu untuk proses selanjutnya.

Rumah Singgah tersebut menempati bangunan eks rumah sakit, khususnya bagian dapur. Dengan sedikit renovasi dan perbaikan di beberapa tempat, akhirnya sesuai dengan standard yang di berikan untuk digunakan sebagai rumah singgah. Menggunakan pintu ganda dari kayu dan besi, diharap mampu mengamankan para penghuninya dari ancaman dari luar. Hal ini dianggap penting, karena mereka yang didalam rumah singgah merupakan tanggung jawab dari Dinas Sosial selaku pemegang otoritas dari Rumah Singgah.
Dengan didukung oleh 14 personil yang terdiri dari 8 Pramu Sosial, 3 petugas Keamanan dan 3 bagian Pramu Saji diharap mampu menunjang aktivitas keseharian dari rumah singgah tersebut. Ke-14 personil tersebut bergantian berjanya (sift) sehingga akan selalu stanby 24 jam. Hal ini dilakukan untuk menjaga para penghuni dan memastikan keamanannya. Selain itu hal tersebut dilakukan apabila sewaktu waktu ada laporan warga jika di kota banjarbaru terjadi penangkapan atau laporan warga jika melihat ada PMKS (Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial).

2 Replies to “”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *